IBX5AE02DED33218

Yuk Coba 7 Permainan Anak Yang Mendidik Sekaligus Menyenangkan Ini!

Masa anak-anak memang masanya untuk bermain. Semakin bertambah usia, anak akan semakin tertarik untuk melakukan berbagai eksplorasi, termasuk beragam jenis permainan. Bunda atau ayah, bisa memilihkan jenis permainan anak yang mendidik agar si kecil tidak hanya merasa senang tetapi juga bisa sambil belajar.

Permainan Anak Yang Mendidik

Ada beragam jenis permainan yang bisa dicoba, beberapa diantaranya mungkin sangat disukai anak-anak. Apa saja? Ini dia!

1.    Huruf Dan Angka
Untuk mengenalkan anak pada bentuk huruf dan angka, bunda bisa memberinya mainan edukasi berupa mainan angka dan huruf yang berwarna-warni. Pada usia 2-3 tahun, perkenalkan terlebih dahulu anak dengan bentuk, seiring bertambah usia, lambat laun anak akan bisa berhitung dan mengenali huruf. Ajak juga anak untuk menyebutkan nama angka, ajari ia berhitung sambil bernyanyi agar anak tetap merasa senang meski sebenarnya ia sedang belajar.

2.    Balok Susun
Sebagian anak ada yang senang dengan jenis mainan satu ini yaitu balok susun. Jenis permainan yang mengandalkan kreatifitas dan imajinasi anak ini memang sangat bagus diberikan pada anak usia 4 tahun ke atas. Pada usia ini, umumnya anak senang membongkar pasang mainan. Biarkan ia bereksplorasi dengan mainan balok susun, lihat bentuk apa yang bisa ia buat dengan menggunakan mainan tersebut.

3.    Puzzle
Jenis permainan anak yang mendidik lainnya yang tidak kalah mengasikkan untuk dimainkan adalah puzzle. Pada bagian puzzle biasanya dibuat dengan rupa warna-warni dan berbentuk gambar misalnya gambar hewan. Bahan puzzle yang awet sebaiknya yang terbuat dari karton tebal atau kayu tipis. Permainan menyusun puzzle sangat baik untuk meningkatkan daya ingat, koordinasi mata dan tangan, daya analisis dan lainnya. Jenis permainan ini cocok dimainkan oleh anak umur 4-5 tahun.

4.    Mainan Alat Musik
Untuk anak-anak yang sejak dini sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia seni, misalnya ia senang mendengar bunyi-bunyian atau musik. Maka, bunda bisa memberikannya mainan berupa alat musik mainan. Ada beragam jenis mainan dengan bentuk alat musik mini yang bisa dimainkan anak-anak misalnya kulintang, drum, terompet dan lainnya. Bunda bisa membebaskan anak untuk berkreasi dengan memainkan alat musik dan menghasilkan bunyi-bunyian sesuka hatinya.

5.    Manik-manik
Jika bunda memiliki anak perempuan yang menyukai mainan warna-warni, cobalah untuk memberinya manik-manik aneka warna. Ajarkan ia untuk mengelompokkan manik-manik tersebut sesuai dengan warna yang sama, sambil bermain ajak pula ia untuk menghitung banyaknya manik. Bunda juga bisa mengasah kreatifitas anak dengan mencoba merangkai manik berlubang menggunakan benang atau tali kecil. Ini akan merangsang motorik halus anak.

6.    Mainan Profesi
Tidak ada salahnya untuk mengenalkan aneka profesi kepada anak. Saat ini, tidak sulit menemukan mainan anak yang berupa alat-alat suatu profesi misalnya dokter. Permainan profesi bisa dimainkan 2 orang, jadi anda bisa berpasangan dengan anak untuk memainkan peran. Permainan peran dengan ditunjang peralatan profesi tentu sangat menyenangkan. Permainan jenis ini bisa mengasah emosi dan daya imajinasi anak.

7.    Buku Gambar Dan Pensil Warna
Ada banyak buku gambar yang dijual di toko buku atau dipasaran, biasanya buku gambar inin sudah berisi aneka gambar yang siap diwarnai. Bunda bisa mengajak buah hati untuk mewarnai buku gambar menggunakan pensil warna. Biarkan ia mewarnai bagian-bagian pada gambar sesuka hati karena hal ini akan merangsang kreatifitas dan daya imajinasinya. Kekuatan motorik halusnya pada bagian tangan juga semakin terasah dengan jenis permainan edukasi ini.

0 komentar:

Post a Comment