IBX5AE02DED33218

Apa Itu Baby Blues? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Anda mungkin pernah mendengar yang namanya baby blues. Sebenarnya, apa ini? Kenapa hal ini menjadi sangat menakutkan bagi ibu yang baru lahir? Padahal, seharusnya ibu yang baru melahirkan memiliki perasaan yang indah dan tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Ingin tahu lebih benyak mengenai baby blues ini? Cek di sini jawabannya!

Baby Blues Pasca Melahirkan

Apa Itu Baby Blues?

Baby blues adalah sebuah sindrom yang sering terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Namun, tidak semua ibu hamil merasakannya, ya! Diperkirakan, ada sekitar 50 hingga 80 persen ibu yang baru melahirkan saja yang mengalami sindorm ini. Sindorm ini akan membuat ibu yang baru melahirkan merasa sedih, mudah menangis hingga tertekan.

Apa Penyebab Baby Blues Itu?
Jika ditanya apa yang menyebabkan ibu yang baru melahirkan mengalami sindrom baby blues, jawabannya adalah karena hormon. Anda harus tahu, tubuh ibu yang baru melahirkan mengalami perubahan yang besar. Itu dikarenakan kelahiran yang sangat melelahkan dan ASI yang akan keluar.

Hal ini akan memberikan efek yang besar bagi segi emosional Anda. Apalagi bila Anda harus bertanggung jawab merawat bayi sendirian, ini akan membawa perubahan yang sangat besar pada diri. Hal inilah yang membuat ibu yang baru saja melahirkan menjadi lebih mudah merasa marah, tersinggung dan sedih.

Namun Anda tak perlu khawatir, biasanya masa ini tak akan berlangsung lama. Batas maksimal dari sindorm baby blues ini hanya sekitar 14 hari pertama pasca melahirkan saja. Sedangkan untuk masa terburuk dari sindrom ini adalah pada hari ke 3 hingga 4 sesudah kelahiran. Pada masa ini, Anda akan sangat mudah terpicu emosinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues?
Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi sindrom ini? Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Ini harus Anda lakukan bilamana sindrom ini masih Anda rasakan setelah dua minggu pasca melahirkan berlalu. Bisa jadi Anda mengalami gangguan depresi lanjutan postpartfum yang lebih parah dari baby blues.

Gejala tersebut seperti kesulitan untuk tidur, rasa cemas yang berlebihan, panik, tangisan yang tak terkendali hingga perhatian atau minat yang kurang pada bayi Anda. Selain itu, Anda juga harus mendapat dukungan dari keluarga. Paling utama adalah suami. Suami harusnya memperhatikan segala kebutuhan Anda dan berusaha memenuhinya dengan baik.

Nah, sekarang Anda sudah tahu mengenai sindrom baby blues ini, kan? Anda bisa melakukan penanganan dini sejak dini. Para suami juga bisa mendukung si kecil dengan membahagiakan ibu yang baru saja melahirkan dengan memberi berbagai hadiah dan dukungan. Anda bisa membelinya di Orami saja. Apalagi, sekarang sedang ada promo Lebaran besar, lho!

0 komentar:

Post a Comment